Pustaka Kini Big Data

kejadian wabah COVID19 saat ini, sebenarnya warga bisa melakukan deteksi dini secara mandiri, data deteksi dini berupa standar pertanyaan yang diisi oleh warga, setelah diisi data terkirim ke pusat data kampung, dan kampung bisa segera mengetahui mana warganya yang status baik-baik saja, atau ada gejala mendeketi seperti gejala COVID19.

0
92

Kampung yang maju, terjaga adat istiadatnya, hasil pertanian baik, sebagian warga memiliki industri kerajinan tangan, industri makanan atau lainnya, dapat melakukan penjualan keseluruh indonesia karena internet sudah masuk desa sehingga bisa menjual secara online, Wisata Desa tumbuh, akses jalan kampung terbangun, anak-anak berangkat sekolah dengan ceria.

Setiap Panen Raya kampung selalu mengadakan kegiatan dan menjadi ajang pertemuan seluruh warga kegiatan yang selalu ditunggu karena ada kegembiraan bersama yang lahir disana, suasana kampung yang demikian harapan dan cita-cita orang Kampung.

Era digital mengubah cara tetapi tidak harus mengubah diri, mengikuti perkembangan teknologi adalah keniscayaan dan Kampung sesungguhnya adalah salah satu komponen Terkuatnya dari sumber flow yang dibutuhkan, tanpa ada Kampung maka dipastikan berbagai pasokan yang diperlukan daerah perkotaan akan sangat terbatas. Sesungguhnya kampung memiliki semua hal, mulai dari :

  • Orang (SDM)
  • Tanah, Lahan, Alam
  • Uang
  • Ruang (Masyarakat)
  • Pasar

Kampung memiliki nilai-nilai, menurut etimologi Desa berasal dari bahasa sansekerta “dhesi” yang artinya tanah kelahiran, kampung halaman, ikatan emosional inilah yang mendorong para perantau, muncul kerinduan dihati akan tanah kelahirannya untuk Mudik Pulang Kampung.

Adakah cacatan lengkap tentang Kampung Kita ? Mulai dari asal usul Kampung, Siapa Manusia pertama yang membukanya hingga menjadi suatu Kampung dan turun temurun ditempati, diteruskan hingga sampai sekarang di pimpin oleh Kepala Kampung yang dihasilkan dari PILKADES ?

Berapa luas tanah Kampung ? berapa ton hasil panen tahun lalu, pada 15 tahun yang lalu hama apakah yang menyerang Kampung Kita ? di Tahun 1970 berapakah jumlah anak yatim di Kampung Kita ? di Tahun 2020 berapakah jumlah tingkat Perceraian di Kampung ? Berapakah tingkat penurunan anak putus sekolah disetiap tahunnya ?, berapakah jumlah lansia di kampung kita ?, pada hari ini berapakah jumlah orang baru yang datang ke kampung kita ?, berapakah jumlah pembuangan sampah sementara di kampung kita ? adakah semua itu tercatat dan terdokumentasikan sebagai arsip Kampung ? jika ada itulah PUSTAKA.

DESA ADAT KEMIREN KAB. BANYUWANGI Photo Source : kompas.com

PUSTAKA dapat menjadi arsip, bisa menjadi Bank Data dan pada saatnya akan menjadi Big Data. Pustaka yang tersimpan dalam digitalisasi dapat di istilahkan sebagai Archive, jika dikelola secara digital dapat menjadi Database, Database dapat di intergasikan dengan system, database yang terintegrasi dengan system kemudian dihubungkan dengan jaringan internet maka bisa diakses secara online dan mobile dari manapun, kapanpun.

Dalam skala Kampung, sebenarnya dapat dibangun sebuah system yang terintegrasi melalui jaringan lokal Kampung (LAN/WLan), warga bisa saling terhubung dan berbagi pakai sumber informasi yang disediakan oleh Pemerintah Desa melalui Data Center Kampung, Balai Desa dijadikan pusat layanan akses jaringan lokal dan internet yang membagikan aksesnya secara gratis kepada Warganya, Warga dapat terhubung ke Jaringan Lokal Kampung dan ini gratis karena Lokal, dimaksud Lokal karena jaringan ini hanya bisa dan boleh diakses warga setempat menggunakan HP, Username dan Password yang dikeluarkan oleh Pemerintah Desanya bisa berupa kombinasi NIK dan Password.

Warga dapat mengajukan permohonan surat ijin ke Kantor Kampung melalui HP, Warga dapat menyampaikan Laporan Kejadian baik bencana maupun kriminal langsung dari HP dan langsung diterima oleh Petugas Kampung ataupun Kepala Kampung dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.

Dan kejadian wabah COVID19 saat ini, sebenarnya warga bisa melakukan deteksi dini secara mandiri, data deteksi dini berupa standar pertanyaan yang diisi oleh warga, setelah diisi data terkirim ke pusat data kampung, dan kampung bisa segera mengetahui mana warganya yang status baik-baik saja, atau ada gejala mendeketi seperti gejala COVID19. Petugas Kampung melalui Tim Gugus COVID19 bisa melakukan survey, keliling Kampung sembari memantau situasi, bisa membantu juga untuk menginput data warga yang dikunjungi yang tidak memiliki HP.

PUSTAKA kini BIGDATA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here